Sedikit inspirasi setelah mengalami sindrom "blank" hoho..
*sindrom blank = gejala seperti yg dihadapi si raditya (http://radityadika.com/) ketika menghadapi ujian politik indo china ...*
E-commerce..
Kebayang ga sih kalau perusahaan-perusahaan ga cuma hanya bisa banyak iklan di media *yang sebenarnya ud too much*, tapi ada jg customer service yang bisa diberdayakan >:),,
Nah loh bingung kan jadinya apa hubungan antara customer service dan e-commerce..
Sebenernya banyak korelasinya terutama untuk sekarang ini, dimana orang di era ini 'malas' dibuat repot, 'malas' membuang waktu, dan 'malas2' lainnya.
Semua ingin sesuatu hal yang simple/mudah didapat dimana pun dan kapan pun *ya kan, sp yg ga mau hohoho,,*
Sebagai gambaran tempat saya bekerja di salah satu perusahaan food and beverages yang telah memiliki 'brand' yang diketahui khalayak, persaingan yang ketat telah membuat 'buta' secara teknologi perkembangan e-commerce. Karena fokus hanya pada nilai penjualan terutama semenjak krisis global dunia yang ikut mengikat tali pinggang semua anggaran di perusahaan..*untungnya ga ada pengurangan gaji/karyawan..Thx God*
Sebenarnya sudah ada beberapa brand menjalankan e-commerce meskipun tidak secara live diumumkan ke khalayak.
Ambil contoh salah satu brand L-M*n yang di websitenya ternyata telah memiliki 'l-m*n store' yang sudah pastinya tidak diketahui oleh khalayak ramai *termasuk saya sebenernya, tahu karena ada waktu *'kepo' mode on* ketika mengecek website tersebut,,*. Namun boleh diacungi jempol ide kreatif yang muncul di website ini lohhhh, karena telah menjadi pioneer *semoga tidak diikuti dan mewabah di perusahaan lain sebelum ini booming*.
Pioneer karena di website ini disediakan informasi event dan produk plus penjualan produk nya juga loh *buzz marketing : using war of the mouth :p*..
Ada yg berminat??Cek yah websitenya..*cari google aj*..
*Tetep keukeuh jualan dimanapun dan kapan pun hihihi,,ga dikelas ga dimana pun lol..*
Penjualan produk yang ditawarkan ini salah satu media di e-commerce caranya mudah dengan memasukkan perhitungan Indeks Massa Tubuh sederhana anda ditawarkan paket untuk anda dan tentunya informasi harga yang sudah tertulis jelas disertai tarif kirim. *don't be cheating kalau ga ada harga jangan pernah mencoba..rugi euy..*
Kembali ke topik, banyak orang yang butuh informasi dengan jelas dalam hal produk ataupun sebelum adanya transaksi ataupun cuma tindakan iseng belaka *bener kan...hoohoh..*.
Kalau mau contact ke customer servicenya, it means we need time di time frame saat ini..
- Pertama kalau mau telp cari dulu no telpnya after itu telp bagus kalau linenya ga busy..Kalau busy, lumayan olahraga emosi kan hahha..Pulsa kekuras dan kepuasan didapat
- Kedua kalau dengan email cari dulu emailnya dan email d..Repot ga juga, tinggal kirim dan menunggu balasannya..Balasan = waktu, kadang sampai lupa kita pernah kirim tuh email ya hahahah..So, kalau email lumayan menguras waktu untuk nunggu
Issue utamanya adalah dalam e-commerce untuk food and beverages adalah moment insight *cek di marketing* yang artinya kalau konsumen butuh informasi baik saran, kritik, masalah, ataupun curhat tidak jelas *btw sometimes ad psycho yang sering 'ngecengin' hotliner nya loh..wkkwkw..* dan tidak ditidaklanjuti ini berarti 'bye2' karena biasanya konsumen akan pergi ke produk lain..And we have lost for the customer..Lost for the customer = lost money = lost revenue..
*it's fact..sometimes kita butuh informasi yang kecil sebenarnya namun response nya buat moment/hasrat membeli sudah berkurang cenderung hilang tepatnya..*
So, solusi yang ada diotak saya tepatnya adalah gimana kalau ada online support seperti YM (Y*hoo Mess*nge*), Sk*pe, M*N, etc di embeed di website mereka..Sebenarnya hal ini sudah tidak asing di perusahaan IT namun tidak pernaahhh kann kalau perusahaan non IT..Sometimes small informations are important..Ini kaitannya dengan insight moment, moment ini sulit didapat kembali terutama untuk customer..
Mungkin terdengar kerennnn, mau curhat, tanya tentang produk, komplain, dll..Memang ini kaitannya dengan media alternatif yang menjadi pilihan, tetapi untuk kedepannya why not..Karena segment pasar juga middle up dan young people sudah biasa berinteraksi dengan internet..
E-commerce yang baik menurut saya juga harus diseimbangkan dengan adanya hubungan customer dan penjual yang terjalin dengan baik tentunya dengan informasi yang clear dan berimbang dikedua belah pihak..
Btw, faceb**k yang kini mewabah juga telah digunakan namun masih terbatas karena hanya memberikan informasi mengenai event-event nya saja..Dan masih belum dikembangkan dengan maksimal karena kontrak dengan anak magang *yg urus facebooknya* akan berakhir di bulan april, hooh...Mungkin ada baiknya hal ini juga dapat diikuti oleh brand-brand lainnya..
So, kesimpulannya harapan ke depan untuk e-commerce dapat dilakukan dengan didukung oleh infrastruktur Customer Relationship Management (CRM) untuk kepuasan pelanggan tentunya, informasi yang jelas dapat membuat e-commerce berjalan dengan semestinya dan memberi kontribusi yang cukup signifikan di market e-business..
*semoga ide ini dibaca hoohoh..krn kemarin sempet ngomong ke orang marketing..
and you know what the response...
x :"Wah, ga d kerjaan gw nambah kl gt"
gw :"-_-" -mau ngomong bingung ke siapa, ntar dikira sotoi dst belum kalau dimentalin lg-just
hope the best*
*sindrom blank = gejala seperti yg dihadapi si raditya (http://radityadika.com/) ketika menghadapi ujian politik indo china ...*
E-commerce..
Kebayang ga sih kalau perusahaan-perusahaan ga cuma hanya bisa banyak iklan di media *yang sebenarnya ud too much*, tapi ada jg customer service yang bisa diberdayakan >:),,
Nah loh bingung kan jadinya apa hubungan antara customer service dan e-commerce..
Sebenernya banyak korelasinya terutama untuk sekarang ini, dimana orang di era ini 'malas' dibuat repot, 'malas' membuang waktu, dan 'malas2' lainnya.
Semua ingin sesuatu hal yang simple/mudah didapat dimana pun dan kapan pun *ya kan, sp yg ga mau hohoho,,*
Sebagai gambaran tempat saya bekerja di salah satu perusahaan food and beverages yang telah memiliki 'brand' yang diketahui khalayak, persaingan yang ketat telah membuat 'buta' secara teknologi perkembangan e-commerce. Karena fokus hanya pada nilai penjualan terutama semenjak krisis global dunia yang ikut mengikat tali pinggang semua anggaran di perusahaan..*untungnya ga ada pengurangan gaji/karyawan..Thx God*
Sebenarnya sudah ada beberapa brand menjalankan e-commerce meskipun tidak secara live diumumkan ke khalayak.
Ambil contoh salah satu brand L-M*n yang di websitenya ternyata telah memiliki 'l-m*n store' yang sudah pastinya tidak diketahui oleh khalayak ramai *termasuk saya sebenernya, tahu karena ada waktu *'kepo' mode on* ketika mengecek website tersebut,,*. Namun boleh diacungi jempol ide kreatif yang muncul di website ini lohhhh, karena telah menjadi pioneer *semoga tidak diikuti dan mewabah di perusahaan lain sebelum ini booming*.
Pioneer karena di website ini disediakan informasi event dan produk plus penjualan produk nya juga loh *buzz marketing : using war of the mouth :p*..
Ada yg berminat??Cek yah websitenya..*cari google aj*..
*Tetep keukeuh jualan dimanapun dan kapan pun hihihi,,ga dikelas ga dimana pun lol..*
Penjualan produk yang ditawarkan ini salah satu media di e-commerce caranya mudah dengan memasukkan perhitungan Indeks Massa Tubuh sederhana anda ditawarkan paket untuk anda dan tentunya informasi harga yang sudah tertulis jelas disertai tarif kirim. *don't be cheating kalau ga ada harga jangan pernah mencoba..rugi euy..*
Kembali ke topik, banyak orang yang butuh informasi dengan jelas dalam hal produk ataupun sebelum adanya transaksi ataupun cuma tindakan iseng belaka *bener kan...hoohoh..*.
Kalau mau contact ke customer servicenya, it means we need time di time frame saat ini..
- Pertama kalau mau telp cari dulu no telpnya after itu telp bagus kalau linenya ga busy..Kalau busy, lumayan olahraga emosi kan hahha..Pulsa kekuras dan kepuasan didapat
- Kedua kalau dengan email cari dulu emailnya dan email d..Repot ga juga, tinggal kirim dan menunggu balasannya..Balasan = waktu, kadang sampai lupa kita pernah kirim tuh email ya hahahah..So, kalau email lumayan menguras waktu untuk nunggu
Issue utamanya adalah dalam e-commerce untuk food and beverages adalah moment insight *cek di marketing* yang artinya kalau konsumen butuh informasi baik saran, kritik, masalah, ataupun curhat tidak jelas *btw sometimes ad psycho yang sering 'ngecengin' hotliner nya loh..wkkwkw..* dan tidak ditidaklanjuti ini berarti 'bye2' karena biasanya konsumen akan pergi ke produk lain..And we have lost for the customer..Lost for the customer = lost money = lost revenue..
*it's fact..sometimes kita butuh informasi yang kecil sebenarnya namun response nya buat moment/hasrat membeli sudah berkurang cenderung hilang tepatnya..*
So, solusi yang ada diotak saya tepatnya adalah gimana kalau ada online support seperti YM (Y*hoo Mess*nge*), Sk*pe, M*N, etc di embeed di website mereka..Sebenarnya hal ini sudah tidak asing di perusahaan IT namun tidak pernaahhh kann kalau perusahaan non IT..Sometimes small informations are important..Ini kaitannya dengan insight moment, moment ini sulit didapat kembali terutama untuk customer..
Mungkin terdengar kerennnn, mau curhat, tanya tentang produk, komplain, dll..Memang ini kaitannya dengan media alternatif yang menjadi pilihan, tetapi untuk kedepannya why not..Karena segment pasar juga middle up dan young people sudah biasa berinteraksi dengan internet..
E-commerce yang baik menurut saya juga harus diseimbangkan dengan adanya hubungan customer dan penjual yang terjalin dengan baik tentunya dengan informasi yang clear dan berimbang dikedua belah pihak..
Btw, faceb**k yang kini mewabah juga telah digunakan namun masih terbatas karena hanya memberikan informasi mengenai event-event nya saja..Dan masih belum dikembangkan dengan maksimal karena kontrak dengan anak magang *yg urus facebooknya* akan berakhir di bulan april, hooh...Mungkin ada baiknya hal ini juga dapat diikuti oleh brand-brand lainnya..
So, kesimpulannya harapan ke depan untuk e-commerce dapat dilakukan dengan didukung oleh infrastruktur Customer Relationship Management (CRM) untuk kepuasan pelanggan tentunya, informasi yang jelas dapat membuat e-commerce berjalan dengan semestinya dan memberi kontribusi yang cukup signifikan di market e-business..
*semoga ide ini dibaca hoohoh..krn kemarin sempet ngomong ke orang marketing..
and you know what the response...
x :"Wah, ga d kerjaan gw nambah kl gt"
gw :"-_-" -mau ngomong bingung ke siapa, ntar dikira sotoi dst belum kalau dimentalin lg-just
hope the best*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar