Rabu, 23 Mei 2012

How to be a lecture?

Hmm i just share my opinion, maybe it is right or wrong :).
I already be a lecture just 3 years (yeah rather than the others lecture, i still a baby right? :p) in my university.

Yup gelar sarjana amat penting dalam dunia pendidikan, mau jadi lecture harus sekolah tinggi2 dulu :-D. Minimal harus sudah lulus S2 (*gulp kan, untung dulu sedang menempuh S2 masih diperkenankan LoL), dan alangkah baiknya bila itu juga dalam satu bidang yang sama (tidak seperti saya selingkuh dari IT ke Management :p) karena at the end menentukan golongan (baca : "uang jajan" :p)..

Ada yang menyenangkan dan ada yg kurang (bukan tidak :p) menyenangkan menjadi lecture :), semua ada porsinya tinggal dilihat lebih berat kemana...

Yang menyenangkan :
- Mengenal orang2 baru (mahasiswa/i baru) dengan karakter yang luar biasa baru, nawar belanja belum ada apa2nya dibanding nawar tugas/project sama mereka :p hahaha..
- Trying another experience in my life :-D for me still interesting, every term such as new chapter in the books :-D
- Belajar dan terus belajar dari setiap mereka dan lingkungan kampus :)
- sosialisasi dengan mereka yang kadang aneh dan bin ajaib dengan seribu alasan untuk memuluskan tujuan mereka :p, some of them good but also bad.
- menjadi makin mature? menghadapi kelakuan mereka? hahaha, dr komplain, protes, ber argumen, yah semacam negosiasi bagus lah :p haha..
- get another excitement in every session i have :), koreksi ujian juga menjadi hal yang menarik terkadang haha banyak menemukan cerita2 lucu dan unik dalam lembaran kertas. Angka2 coretan2 menggambarkan karakter mahasiswa/i ketika ujian.

Yang kurang menyenangkan :
- harus lihai menyesuaikan jadwal liburan dengan ngajar/koreksi ujian dkk hahaha (keliatan malesnya :p)
- harus submit paper/jurnal ilmiah, jurnal kelompok, dan kegiatan masyarakat per term (iy ga susah sih, cuma *teuteup pake cuma* dengan kesibukkan sehari2 bekerja dikantoran membuat hal itu menjadi berat sekali *lebai). Yang paling susah sejujurnya jurnal ilmiah, it takes 2 weeks to research and write aish :p
- ikut training/meetingnya yang banyak (sedih banyak bolong, kembali lagi karena kesibukkan sehari2 bekerja meeting/training pada jam kantor tidaklah memungkinkan kawan2..plus ada meeting/training jam 5/6 ya teueteup aj ga kekejar karena jarak yang memisahkan antara kantor dan kampus cukup jauh -.-')
- buat soal dan koreksi (bwkakakak, untung cuma 2 x setiap term masih bersyukur :p)

so far i still enjoy to be a lecture, not full time lecture but part time lecture :p, kesempatan untuk jadi lecture mudah/sulit yang pasti ada prosesnya. Harus submit CV dan mengikuti prosedur or proses seleksi dkk.

Yang pasti koneksi/network dosen2 dalam struktur akademis (baca : dosen2 yang bekerja full time di university) itu harus dan wajib, karena dari mereka lah kalian dapat informasi dan belajar. Terus harus ada lowongan juga kalau butuh baru bisa ada proses seleksi kan :). 

Seleksinya standard belum aneh bin ajaib : submit CV, interview + presentasi (seolah2 ngajar gitu, dengan serbuan kelakuan+pertanyaan lecture senior), psikotest, english test, dan administrasi lainnya (bilang aja lupa apa lagi :p haha maap y :p)..

Masalah golongan menentukan uang jajan pasti pada bertanya2 kan :p hoho, kasih tau ga ya (dilempar massa), lecture jg mirip seperti PNS ada golongan. Kenaikkan golongan ini amat bergantung sama jam terbang ngajar, paper/jurnal, dan kegiatan sosial, ada perhitungan point sendiri dan kemudian diajukan ke departemen pendidikan. Susah? pasti :p apalagi untuk orang seperti saya hehe yg hanya mampu memenuhi standard minimal supaya ga "dipecat" jadi lecture haha..

berminat? just feel free to leave comment kl mau tanya2 suka/duka atau yg aneh2 :p haha..

harus belajar nulis lagi nih, biar makin bagus dibaca :) 
 
-danny williams-


Tidak ada komentar: