Kamis, 23 Januari 2014

Manila - Filipina (Trip Akhir Tahun)

Pernah denger untuk wisata?

haha sama ga pernah sebenarnya :p. Yang sering denger adalah pantai di negara ini :).

Tp malah ga ke pantai nya sama sekali :-D.

Overall suasana yang dirasakan adalah selalu merasa was2,mini market or tempat makan juga bisa di jaga satpam dengan senjata laras panjang..Artinya adalah ... *waspada :p

Semacam serem creepy kl diapa2in dijalanan (ya kali siapa saya :p), banyak slum area dan polusi banget disini. Belum lagi tinggalnya di area red district fiuh, berkeliaran malam2 ditawarin donk selalu. Ya kali mau make or justru di tawarin sebenarnya untuk dipake ya? :p *waduh gawat salah fokus haha.

Yang pasti disini kelebihannya apa2 harus antri, naik angkot antri, masuk mall/LRT antri karena dicek bawaannya, beli tiket LRT juga antri, apa pun antri.. hahaha.. Angkotnya disebut jeepney (jeep yang kemudian dilas untuk dipanjangin lagi).. Cara bayarnya menarik dengan tarif sekitar 8 PHP saja (2400 an IDR) kita harus mengoper dari sebelah ke sebelahnya sampai dengan supir begitu juga dengan kembaliannya..

Penampakkan dari dalam

Penampakkan dari luar
Orang2nya sebelas duabelas dengan orang lokal indonesia, mungkin rada mixed dengan spanish/portugal. Dan perut mereka banyak yg buncit karena junk food mereka outletnya banyak aja, dan kebanyakan mereka selalu memiliki menu paket keluarga (more than 4 persons). Dan pastinya yg terkenal adalah BABI! hidup BABI! :p

Kelihatannya korupsi nya juga sama seperti di Indonesia - kondisi kesenjangan amat terlihat disini, pengemis bisa tinggal benar2 dipinggir jalan, ada jemuran baju coba. Artinya mereka tidur di jalan dengan model jaring2 kaya dipantai, masak juga dipinggir jalan.. *sayang ga moto, ga berani :) takut dipepet dan disuru bayar pula ;p

Waspadalah selalu di manila, banyak cerita dan disarankan oleh orang lokal/hostel/tamu hostel untuk ekstra hati2 terutama penipuan dijalan or spam masalah price or kriminalitas. Jurus menawar dimana pun harus digunakan loh, kecuali beli dalam mall ya yg ud ada harganya gitu (malu2in kalau ini).

Enam hari saja sodara-sodara di manila dan berakhir mall to mall hoho, krn bingung kemana dan menikmati dengan santai setiap perjalanan gitu karena ga diburu2in :-D.

So meski kurang tidur hari pertama dan flu berat berangkatlah jalan kaki dari hostel ke intramuros (pilihan salah - karena cape jauhnya diteriknya matahari bisa naik taksi yang ga maal2 amat kl pakai argo (mungkin ga sampai 150 PHP ~ 45.000 IDR), negosiasi penting sodara2 menghadapi supir2 taksi nakal yg maen getok per kepala or langsung tembak harga - kalau naik angkot or sebutannya itu jeepney murah sih 8 PHP saja tapiiiii ga tau rutenya >.< ).

Internet agak kacrut disini, dan wifi dimana2 sangat sulit didapatkan dengan koneksi bagus tentunya. Sejauh mata memandang smartphone belum milik sejuta umat. Dan sempat ke Global Customer Service karena uring2an ga bisa menggunakan internet akhirnya solve setelah lama dikotak katik.

Inilah penampakkan intramuros (dan akhirnya ke intramuros lagi hari terakhir) - intramuros semacam kawasan tua yang masih dijaga dengan nuansa bangunan europe dan didalamnya banyak area / bangunan yang harus bayar masuknya :


Di dalam Casa Manila - ceritanya model rumah manila dalamnya sih perabotan kayu2 yang tidak boleh difoto - info teman di manila ini bukan aslinya rumah orang manila sepenuhnya

Mirip2 gini lah jalanannya menarik - tapi ada dark side di sisi lainnya didalam banyak rumah penduduk miskin - dan pengemis diluar area intramuros

halaman tengah Casa Manila

Di Port Santiago - bekas salah satu port di area ini

sudut lain di Port Santiago

nah ga ngerti ini maksudnya apa tapi ada ditaman Port Santiago - anggapnya biar tamannya ga kosong2 amat :p

Port Santiago - sudut lain karena area luas
Port Santiago - Bekas area pertahanan juga sepertinya 
Port Santiago - Jejak langkah kaki Rizal (pahlawan kemerdekaan filipina)

Lupa nama gerejanya :p. Ada yg nawarin delman / becak cuma ya hati2 aja sama harganya :p.

Ini lupa nama gedungnya tapi sebrangnya gereja di gambar atas ini :-D

Tetiba lapar mengingat makanannya enak2 :p. Rasa nya sih rada asam / kecut beda ama rasa negara lain :-D. Pastinya silakan kesana sendiri hiihi :)

Yellow Cab - cape2 balik lagi kesini demi nyobain, dan pas mau balik baru sadar kalau ada outlet yang lebih dekat dibanding ketempat yg ini

Yellow Cab - Menu Paket gede aja

tentu saja ini BABI kawan2 - lupa makan dimana sepertinya di salah satu outlet mall of asia

di tempat yang namanya ada kata2 MAX :p - lupa detailnya

Cobain sate BABI di mang saal - kl ga salah namanya

di mang saal juga salah satu tempat makanan fast food

makanan di manila ocean park - rada ekslusif dan enak plus maal :p

makanan di manila ocean park - rada ekslusif dan enak plus maal :p. Cari yg ga BABI krn makanan meja ada yg muslim :-D



capcay pd tau lah ya :p

Ini halo halo semacam minuman yg ada di setiap outlet - semacam es campur or es teler kali ya

BABInya sih mantap yg ini :p - kaki BABI goreng yang paling kiri
Next sempat ke luar provinsinya, nama tempat nya ke Taal Cave semacam danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi, dan menuju kesininya sih lumayan jauh by bus 1,5 jam dan naik ojek 30 menit. Nah harga ojek dan perahu untuk ke area itu plus kudanya selamat nawar! :)

Ojeknya model ojek becak - turun 30 PHP, naik 50 PHP per kepala, alasannya naik lebih susah - kl diskusi sama orang bule di hostel mencak2 krn naik dan turun sama aj ga ada hubungan dengan susah or ga nya, tp krn kita ber lima ya sudah lah kasian jg mas2nya, si bule kan sendiri..

Idealnya perahu nyebrang cm 1500 PHP (satu kapal), dan kemarin dapatnya 2700 PHP setelah negosiasi - ternyata setelah di Taal ketemu orang Indon dapatnya 2000 PHP.. Ga terima kurang nawar *dalam hati kuesellll.. Dan harganya ada paket2 yg berisi seperti tiket masuk - ini mah abal2an tiket apaan coba tinggal nyebrang masa pake tiket, tour guide - ya kali dijelasin dikapal, orang cm diem2an dan ga sampe 15 menit sampe ke sebrang, emang sih ditungguin gitu, dan cost kapal - ga ada cara sih tnp kapal masa mau renang.

Nah pemilik kapal kl kaya di area sport nusa dua, mirip lah banyak pemilik kapal model seperti di bali itu :).

Sampe kudu naik kuda dan per orang 500 PHP (yg orang indo itu mereka kena around 540 PHP so ya agak puas krn ada harga yg lebih murah, setelah di scam di kapal). Ga naik kuda bisa sih, selamat aja jalannya jauhhhhh, kuda lumayan jalannya around 30 menit gitu di cuaca yg panas :).. Dan siap2 ditawarin masker terus sarung tangan - ya ampun ada aja di tawarinnya.. Mang berdebu tp ga gt drama debunya :)..

Pas sampe atas "ga beliin minuman buat jokinya? kasian kepanasan?".. wat!!!! ini kog semacam ada aja gitu modelnya, karena mang kasian juga sih kepanasan jokinya tapi tapi yah kenapa ga whole package kan ya.. Akhirnya nawar dari 50 PHP dapat 40 PHP lumayan fiuh :)..

Pemandangannya ok lah nice :)

jadi dari sebrang sana dan naik lah ke sini


sudut lain or sama sebenarnya haha

lumayan ada beberapa landscape yang bisa dilihat

tempat kapal berlabuh
Sedikit touch up penampakkan Taal Cave - ada batu ditengah tapi ga melihat orang2 ada dibagian bawahnya
Saking bingung kemana lagi akhirnya diajakin orang lokal ke Museum Nasional Filipina dan jepret sana sini, lumayan sepi karena weekend dan ga gitu menarik dibanding Seoul, Jepang, etc. Lebih standar mirip indo (?).. Tapi dijelasin kaya suku di filipina banyak jadi banyak model baju, budaya, etc. Interesting tapi kemana2nya jauh dan ga bisa bahasa tagalog bisa2 ditipu lagi..




model rumah tradisional filipina - dalamnya ada tempat lumbung padi dan rumah mirip ama rumah tradisional di beberapa daerah indo

abjad filipina dulu sepertinya di tempel dijendela
Sebenarnya ada video makan abalot (embrio telur bebek yang belum jadi anak bebek yang direbus) klik linknya ya :). Tau kan hitsnya tuh makanan seantero dunia :p #mulai berlebihan..

Foto lain :

Sempat ke missionary bantu2 dari Mother Theresa foundation waktu natal ke kaum papa - bagiin makanan+minuman+barang

Sempat ke missionary bantu2 dari Mother Theresa foundation waktu natal ke kaum papa
Terus dikasih gifts yeay! ;-D
Iklan di jembatan bawah tanah menarik!

Tebak! tempat pipis di deket terminal. Kewl!
tebak apa! ini hidup bergerak-gerak embrionya dan bukan video - ini adalah proses ikan hiu bambu

Ayala Triangle - malam hari ada musik dan lampu di sini menarik duduk manis memandangi nya - mirip2 adegan Avatar (?)

Mirip mangga dua poll!

-danny williams | @dannywongso-

3 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau dari bandara ke makaty city berapa lama dan harganya brp peso..?

Unknown mengatakan...

klw naik taksi dari bandara ke makaty berpa peso..?

Danny Williams mengatakan...

ga sampai 30 menit, harganya ga sampai 100 rb.