Senin, 11 Mei 2009

Internet in Book Store From the Past, Now, and For The Future using E-Marketing

Judulnya keren kan :D..

Yup sesuai dengan judulnya bahwa saya akan membahas mengenai penggunaan medium internet sebagai pemilihan dan membeli produk oleh customer pada masa lalu, sekarang, dan ke depannya.

Sektor market yang saya jadikan sample atau pembicaraan disini adalah toko buku (amazon.com/gramedia.com)..

Kebayang kan dari dulu toko buku itu merupakan bagian terpenting dari segala aspek kehidupan dan sudah ada dari awal adanya tulisan dikenal masyrakat sebagai sastra terbaik umat manusia..

Toko buku ini sudah ada sejak jaman djadul *jaman dahulu kala*..Dan transaksi yang digunakan adalah yang paling konvensional. Datang ke toko tersebut dan membelinya..

Mungkin ada toko buku yang memberikan ekslusivitas kepada membernya dengan pemberitahuan mengenai buku baru dan pemesanan secara manual *by phone* tentunya..

Dan jaman pun silih berganti *beberapa puluh tahun kemudian lol*..Munculnya internet diawal mungkin banyak digunakan oleh berbagai perusahaan or another business untuk mencoba hal yang diawang-awang ini..Termasuk toko buku ini..

Pengunaan internet di jaman dahulu *maksudnya beberapa tahun yang lalu* e-marketing belum terkenal seperti saat ini. E-marketing dimaksud sebagai media untuk menunjukkan bahwa toko buku *perusahaan penerbit buku* tidak ketinggalan jaman dengan memiliki domain/website..Yang biasanya tidak update dan sebagai company profile belaka..

Dan seiring dengan berkembangnya teknologi secara pesat mempengaruhi pengguna internet secara massal..Membuat peralihan dari hanya sebagai media pengiklan perusahaan secara pasif menjadi proses "identifying" --> Mencari kebutuhan dan kemauan customer dengan cara memberitahukan buku baru / event-event yang akan dilakukan dan juga dengan memberi informasi detail mengenai buku yang akan muncul kedepan..

Dan terus maju sampai pemberian informasi buku best seller dan buku yang recommended dengan beberapa pilihan dari customer..Nah proses identifying ini lah yang awalnya membuat proses e-marketing terus tumbuh..

Akhirnya kini menjadi penjualan buku online bila kita meregister sebagai account baru dan buku akan dikirimkan tanpa kita harus pergi ke toko buku..Semua informasi telah tersedia dikatalog website dengan hanya menggunakan internet we can get everything..

Saat ini terutama di Indonesia telah tumbuh banyak sekali toko buku online baik yang memiliki toko offline seperti gramedia ataupun hanya memiliki toko buku online saja *lupa nama websitenya heeh toko buku kita bukan ya?:p..lupa dah..*..

Nah sekarang meskipun orang lebih prefer untuk datang langsung karena ingin tahu jenis buku realnya ataupun butuh referensi langsung dengan melihat secara direct ke toko buku..Akan tetapi, orang yang tidak mau repot pun banyak tinggal memesan, transfer, dan buku pun sampai dirumah kita..so simple..

Itu sekarang, kedepannya terutama untuk toko buku di Indonesia mungkin bisa seperti amazon.com *akhirnya disebut juga kan ni website*..Dimana tidak hanya toko buku saja yang dijual tapi berbagai hal boo..Dari cd musik, buku, banyak lagi sepertinya yang dijual di amazon.com..

Amazon.com telah membuat websitenya "pandai" karena telah mampu dengan beberapa teknik analysis market terutama aktivitas pengguna websitenya..Sehingga pengguna/customer website ini akan diberikan alternatif pilihan sesuai dengan analisa Inteligence program di amazon.com..Mungkin bisa dikatakan berhasil karena mampu memberikan berbagai pilihan tanpa pengguna/customer membutuhkan menjadi dibutuhkan oleh pengguna.

Maksudnya adalah pengguna/customer dibuat ketergantungan dengan diberi pilihan oleh amazon.com..Tentu hal ini adalah e-marketing bagaimana amazon.com memberi alternatif pilihan..Berharap mode on untuk Indonesia kapan ada website sejenis hehe..

Mungkin hal ini terkait dengan "Antisipasi" dari perusahaan dan pemerintahan dalam kaitannya regulasi internal dan eksternal..Kalau dibahas so si amazon ini sendiri mau apa ke depannya..Mungkin kedepannya amazon bisa seperti e-bay juga dimana buku ataupun yang dijual amazon di reuse kembali..Dan tentunya juga disertai intelegensia auction secara tepat *bukan kasar*..hoho ngarep mode on..Amazon.com masuk sebagai auction website lol..Ditawari seperti e-marketing kaya gini kan lumayan hehe..Tp kita tunggu saja e-marketing akan bergerak ke arah mana..

But the point, bagaimana sekarang e-marketing ini dapat memuaskan / 'satisfying' customer sebagai raja..Dan tentu in the right way with the right thing tentunya..

Conlusion : banyak hal yang sebenarnya tidak dibahas yaitu mengenai apa sih alasan nya membuat e-marketing harus terus tumbuh dan berkembang. Gambar dibawah ini akan sedikit memberi penjelasan mengenai analisa situasi atau hal yang melatarbelakangi terjadinya perkembangan dan growth dari e-marketing.


Tidak ada komentar: